Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Sebenarnya Hamba Tuhan?

Siapakah- Sebenarnya -Hamba -Tuhan
Sering kita mendengar orang berkata bahwa "pendeta" adalah "hamba Tuhan", sedangkan orang kristen diluar itu, apabila ia aktif disebut sebagai "pekerja kristen", sedangkan yang tidak aktif atau jemaat biasa disebut sebagai "anak Tuhan".

Entah darimana "pengertian sesat" ini beredar, bayangkan seseorang yang karena pernah bersekolah di sekolah theologi disebut sebagai hamba Tuhan, sedangkan orang lain yang belum pernah belajar theologi disebut sebagai "kristen biasa"

Padahal kalau diadakan survey secara menyeluruh, tentang pendeta saya percaya hanya 30% yang memang benar-benar menjadi pendeta karena disuruh atau dipilih Tuhan, sedangkan sisanya "who knows?".

 Banyak orang yang sekolah teologi karena :

1. Tidak diterima di sekolah formal, daripada nganggur lebih baik masuk theology.

2, Tidak mempunyai biaya untuk sekolah formal, karena gerejanya memberikan beasiswa kepada orang yang mau masuk sekolah theology, maka orang tersebut mengambil beasiswa yang disodorkan gereja.

3. Disuruh orang tuanya. Karena orang tuanya menjadi pendeta, dan dia ikut-ikutan mau menjadi pendeta, apalagi yang orang tuanya telah meninggal, maka ia melanjutkan jejak orang tuanya.

4. Patah hati ditinggal pacar atau memang tidak laku.

5. Untuk gengsi, karena ia melayani di gereja, maka untuk meningkatkan status sosialnya, ia belajar theology.

6. Alasan lainnya.

Sekolah theologi tidak beda dengan sekolah umum lainnya, hanya karena ia bernama teologi, maka mereka mempelajari alkitab dari berbagai sudut ilmu. Sudah terkenal sekarang istilah "sekolah tolologi", karena setelah mempelajari theologi, bukannya menjadi mengerti firman, malah menjadi murtad atau bahkan menjadi kafir.

Banyak orang setelah belajar di theologi, malah merasa bahwa alkitab itu buatan manusia, bukan diturunkan langsung oleh Tuhan.

Dan ada sekolah teologi yang mengajarkan Alkitab itu buatan manusia, memang Allah memberi ilham dalam penulisannya, tapi hasil tulisan tersebut, merupakan 100% karya manusia, sehingga kalau ada kesalahan itu biasa.

Wow! bisa bayangin nggak, jadi apa murid sekolah tersebut. Yah, memang mereka memang orang-orang yang ditakdirkan untuk binasa.

Maka aneh kalau kita mendengar bahwa "pendeta" adalah hamba Tuhan, hanya karena mereka telah belajar sekolah di sekolah teologi.

Coba kita perhatikan mutu sekolah theologi di Indonesia saat ini, banyak mahasiswanya yang terlibat sex bebas, obat-obatan terlarang, bahkan banyak yang setelah luluspun tidak mengerti firman Tuhan atau Alkitab, apa itu yang disebut sebagai Hamba Tuhan?

Menurut pendapat saya, Hamba Tuhan adalah:

1. Orang yang taat melaksanakan perintah Tuhan dalam hidupnya sehari-hari

2. Mengenal Tuhan secara pribadi (baca : apakah anda pengikut Yesus)

3. Doa-doanya mempunyai kuasa, sehingga apabila ia berdoa, maka sorga segera mengabulkan doa-doanya.

Mulai sekarang marilah kita luruskan "istilah-istilah sesat" yang telah merasuki dunia orang kristen. Marilah kita melihat bahwa pendeta sama dengan kita, soal dia hamba Tuhan atau tidak, dapat dilihat dalam kehidupannya berkeluarga, di gereja dan di masyarakat.

Banyak hamba Tuhan yang tidak pernah belajar teologi, tapi kalau dia berdoa, Tuhan segera menjawab doa-doanya, dan orang-orang tersebut mempunyai kuasa dalam perkataannya.

Ada orang yang bekerja sebagaimana orang biasa, ia tidak pernah melayani orang, bahkan di gereja ia hanya duduk sebagai jemaat, tapi secara diam-diam dari penghasilannya ia telah menyumbangkan milyaran rupiah, untuk kegiatan penginjilan di Indonesia.

Menurut pendapat saya orang ini juga termasuk hamba Tuhan, karena tanpa ia, banyak orang yang tidak akan mengerti firman Tuhan.

Ada orang yang menjadi ibu rumah tangga biasa, tetapi di rumah ia bisa berdoa syafaat berjam-jam, dan tidak ada seorangpun yang tahu, bahwa ia pendoa syafaat sorga.

Menurut pendapat saya ia termasuk hamba Tuhan. Ada orang yang bercerita kemana-mana bahwa ia tim pendoa syafaat gerejanya, padahal ia hanya berdoa sekali seminggu di gereja selama satu jam, di rumah ia jarang berdoa, apa orang ini dapat kita sebut sebagai hamba Tuhan?

Sobat, tulisan ini bukan ingin menjatuhkan pendeta-pendeta yang ada, tulisan ini saya buat "sebagai koreksi atas istilah "hamba Tuhan" yang biasanya hanya ditujukan kepada "pendeta-pendeta".

Hamba Tuhan berlaku buat siapa saja yang memang mengenal Tuhan secara pribadi, taat menjalankan perintah-perintahNya dan bukan hanya berlaku bagi pendeta.

Yesus mengasihi anda dan seluruh keluarga anda

Posting Komentar untuk "Siapakah Sebenarnya Hamba Tuhan?"

pictory